Rabu, 07 Januari 2015

Saluran Tuba Tersumbat, Bisakah Hamil ?

.: Saluran Tuba Tersumbat, Bisakah Hamil ? :.

Pada wanita yang tidak bisa hamil faktor utama yang perlu dicari dan dilihat salah satunya adalah ada atau tidaknya gangguan pada bagian tempat bertemunya sperma dan ovum yaitu tuba fallopi (saluran indung telur). Karena saluran ini sangat berperan dalam terjadinya pembuahan. Apabila terjadi gangguan pada saluran ini maka akan terjadi gangguan pula dalam proses pembuahan dimana resiko paling buruk adalah tidak bisa terjadi pembuahan dan menyebabkan tidak terjadi kehamilan.
Gangguan pada saluran tuba fallopi ini bisa berupa tersumbatnya saluran tuba ini. Tersumbatnya saluran tuba fallopi tidak hanya bisa terjadi akibat terbentuknya jaringan parut pada tuba namun bisa juga bisa terjadi perlengketan pada tuba.

Penyumbatan pada saluran falopi atau disebut juga penyumbatan tuba terjadi kadang hanya satu falopi yang tersumbat, tetapi bisa juga sumbatan terjadi pada kedua tuba falopi. Jika kedua saluran falopi ini tersumbat, telur tidak bisa bergerak menuju rahim. Yang akhirnya pembuahan tidak akan terjadi.
Penyebabnya dapat timbul karena infeksi, endometriosis, TBC pada saluran falopi, maupun infeksi saluran vagina. Kondisi itulah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran falopi. Sumbatan ini bisa membuat saluran telur menjadi bengkak, yang dalam istilah medis disebut hydrosalpinx.
Bisa pula terjadi pembuahan, tetapi embrio tidak dapat tertanam di rahim, melainkan di saluran falopi. Keadaan ini yang diistilahkan kehamilan ektopik dan secara umum sering disebut hamil di luar kandungan (rahim). Risiko kehamilan ektopik akan meningkat seiring kejadian infeksi pada saluran falopi.
Sekitar sepertiga perempuan dari populasi saat ini menunjukkan tanda dan simtom yang mengindikasi masalah yang disebabkan oleh abnormalitas uterin atau saluran falopi. Saluran falopi yang tersumbat atau rusak dapat menurunkan fertilitas (kesuburan) karena menghalangi sperma bertemu dengan sel telur atau menghalangi sel telur masuk ke uterus.
Kehamilan mungkin terjadi walau dengan satu saluran falopi asalkan tetap memiliki satu atau dua indung telur dan tetap mampu berovulasi. “Kemungkinan kehamilan 50-50 bila terjadi satu sumbatan di salah satu saluran telur yang sehat. Sebaliknya, bila sumbatan terjadi pada kedua saluran, kehamilan tidak bisa terjadi. Radang Panggul atau PID agak sulit dideteksi karena sering tidak menimbulkan gejala atau gejala yang ditmbulkan ringan sehingga pemeriksa tidak begitu memikirkan PID saat mendiagnosis penyakit ini karena mungkin pada saat itu penyakit ini masih berasa pada level yang belum mengancam. Berikut beberapa gejala radang panggul :

•Banyak cairan yang keluar dari vagina dengan bau yang tidak enak
•Demam
•Haid yang tidak beraturan
•Kelelahan
•Menderita Diare
•Menderita Dispareunia
•Menderita Nyeri Punggung Bawah
•Muntah-muntah
•Nyeri saat buang air kecil (disuria)
•Rasa sakit pada bagian bawah perut
•Rasa sakit pada panggul
•Menderita Anoreksia


Dan ada pula beberapa gejala yang mengharuskan penderita dirawat 9inap dirumah sakit, yaitu pada wanita dengan keadaan:
sakit (misalnya, mual, muntah, dan demam tinggi)
sedang hamil
tidak menanggapi atau tidak dapat minum obat oral dan kebutuhan antibiotik intravena
memiliki abses pada tuba fallopi atau ovarium (abses Tubo-ovarium)
perlu dimonitor untuk memastikan bahwa gejala-nya tidak karena kondisi lain yang memerlukan operasi darurat (misalnya, radang usus buntu)
Nyeri yang mendadak pada perut bagian bawah dapat terjadi jika abses pecah, di mana daerah nyeri tersebut mulai dari daerah sekitar abses yang pecah menjalar ke seluruh dinding perut yang mengakibatkan peritonitis generalisata. Juga dapat ditemukan anemia pada abses pelvik yang telah berlangsung beberapa minggu. Jika gejala berlanjut atau jika abses tidak hilang, operasi mungkin diperlukan. Komplikasi PID, seperti nyeri panggul kronis dan jaringan parut sulit untuk mengobati, tapi kadang-kadang mereka memperbaiki dengan operasi.

__________________________________________________
Semoga bermanfaat ya, Bunda..
__________________________________________________
Bunda sudah lama menikah tapi belum hamil?
Coba Promil dengan JAMU SUBUR KANDUNGAN (Untuk Istri) & KAPSUL SUBUR (Untuk Suami)..
salah satu khasiat Jamu Subur Kandungan bisa merangsang pematangan sel telur Agar mudah Dibuahi, dan berukuran besar-besar

Alhamdulillah, sudah Banyak PROGRAM HAMIL yang berhasil dengan Jamu dan Kapsul subur Asli dari kami...
Fast Respons: 085659038323, pin:2BC3A526 untuk info ongkos kirim dan pemesanan yaa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar